Tuesday, October 23, 2018

Pontianak Kote Tercinte


           
Sumber : https://bloggerborneo.com/mengenal-pontianak-sebagai-kota-bersinar-kota-khatulistiwa-dan-kota-seribu-parit/

Pontianak merupakan ibu kota Kalimantan Barat dan pontianak juga dikenal sebagai kota khatulistiwa yang dilalui garis lintang nol derajat bumi. Berada di posisi langka , maka dibangunlah sebuah monumen atau tugu khatulistiwa di Siantan .

Sumber : http://www.getborneo.com/tugu-khatulistiwa-tugu-tanpa-banyangan/ 

Pada awalnya tempat ini bernama Khun Tien yang dihuni oleh para etnis Tionghoa. Nama dari “Pontianak” bermula dari kisah Syarif Abdurrahman yang sering diganggu oleh hantu berwujud kuntilanak saat menyusuri Sungai Kapuas. Syarif Abdurrahman merasa terganggu dengan ulah kuntilanak , sehingga melepaskan tembakan meriam untuk mengusir hantu kuntilanak tersebut , sehingga nama pontianak diambil dari nama kuntilanak .

Sumber : https://www.traveluxion.web.id/cafe-terapung-sensasi-bersantai-di-tepian-sungai-kapuas-pontianak/

Pontianak dikenal dengan deretan warung kopi karena kopi merupakan jenis minuman yang sudah menjadi ciri khas masyarakat Pontianak sedangkan makanan khas dari sini ada 2 yaitu bubur pedas dan sotong pangkong. Pontianak juga merupakan Kota berwawasan lingkungan karena banyak sekali ditemui taman terbuka hijau di Pontianak. Sungai Kapuas yang dinobatkan sebagai sungai terpanjang se-Indonesia juga terletak di Pontianak.

Itulah beberapa fakta tentang kota Pontianak. Masih banyak hal unik lainnya di kota Pontianak yang belum saya bahas disini , sekian dan terima kasih .



No comments:

Post a Comment